Microcontroller aplikasi dengan Basic Stamp

Tuesday, October 13, 2009

Microcontroller aplikasi dengan Basic Stamp, PIC, 8.051 dan berbagai orang lain seringkali dapat ditingkatkan dengan penggunaan PC port serial, dan antarmuka perangkat lunak. Merancang antarmuka kustom Anda sendiri perangkat lunak untuk aplikasi mikrokontroler berikutnya tidak sesulit yang Anda bayangkan.

Menggunakan port serial PC untuk interface ke dunia luar, dan aplikasi mikrokontroler berikutnya, dapat memberi Anda beberapa software yang sangat kuat / hardware solusi.

Seri artikel oleh Jared Hoylman akan memandu Anda melalui beberapa konsep dasar, dan kemudian beralih ke daerah yang lebih maju untuk berkomunikasi dengan hardware anda, dan memiliki perangkat keras Anda berkomunikasi kembali ke PC.

Pendahuluan:

* Option Explicit
* DataTypes
* Parsing Strings
* Advanced Parsing
* Mengirim data dari PC ke Microcontroller
* Menerima Data From The Microcontroller



Memahami dan Menggunakan Visual Basic Bagian 1

Menjadi seorang programmer VB ada banyak hal yang saya mengambil selama beberapa tahun yang sangat meningkatkan program saya dan kemampuan pemrograman. Dalam seri artikel ini saya akan membahas beberapa dasar-dasar pemrograman VB dan beberapa Tips dan Trik untuk memudahkan Anda di sepanjang jalan. Artikel seri ini akan mulai dengan keterampilan dasar yang diperlukan dan bekerja itu naik ke topik-topik lanjutan seperti mengirim dan menerima data dari Basic Stamp atau PIC Microchip ..!

Option Explicit
Saya yakin banyak dari Anda telah melihat kata-kata Option Explicit pada bagian atas beberapa kode VB sebelumnya. Mengapa di sana, dan apa fungsinya ..? Well, pernyataan Option Explicit memaksa Anda untuk mendeklarasikan variabel Anda sebelum Anda menggunakannya. Hingar-t-do, benar ..? Salah ..! Kedua kata sederhana dapat menghemat jam sakit kepala debugging program-program anda ..! Dapat juga mempercepat program Anda cukup jika digunakan dengan benar ..!

Dengan menempatkan Option Explicit pada bagian atas setiap kode modul sebelum prosedur Anda dapat menjamin bahwa Anda tidak akan misspell setiap variabel. Mari kita lihat sebuah contoh ...

Private Sub Command1_Click()
Dim sMississippi As String
sMississipi = "Hello" '<-- Note the missing "p"
MsgBox sMississippi
End Sub


Apa kode ini sebenarnya harus dilakukan adalah menampilkan sebuah MessageBox dengan sapaan "Halo". Karena variabel salah eja dan tidak ada Option Explicit pada bagian atas kode modul, Anda mendapatkan MessageBox kosong ..!

Sekarang, masuklah ke bagian paling atas kode modul dan ketik kata-kata Option Explicit. Jalankan program lagi. Apa yang terjadi ..? Anda mendapatkan "Variabel tidak didefinisikan" error. Ini adalah sederhana untuk memperbaiki apa yang bisa menjadi masalah yang kompleks.

Alasan lain bahwa Option Explicit begitu penting adalah karena jika Anda tidak mendeklarasikan variabel sebagai tipe data tertentu, VB default variabel menjadi tipe Variant (Lihat jenis data yang dijelaskan dalam artikel berikutnya). Sebuah variabel tipe Variant apapun dapat menahan data dari string, untuk bilangan bulat, bilangan bulat panjang, untuk tanggal, mata uang, dsb Meskipun ini mungkin terdengar seperti variabel paling baik untuk digunakan, tidak. Ini adalah jenis variabel paling lambat ..! Dengan mendefinisikan variabel khusus untuk jenis nilai yang akan disimpan di dalamnya, akan sangat meningkatkan kinerja program-program anda.

Dan untuk membuatnya bahkan lebih mudah, bagaimana kalau saya akan menunjukkan bagaimana membuat VB Option Explicit secara otomatis menambahkan kode untuk setiap modul ..! It's easy.

Klik pada menu Tools dan pilih Options ... Sekarang periksa Mengharuskan Deklarasi Variabel Klik OK

Sekarang setiap kali Anda membuka modul kode baru Option Explicit kata-kata itu secara otomatis muncul di bagian atas ..!

Memahami dan Menggunakan Visual Basic Part 2

Memahami dan Mengoptimalkan Tipe Data
Dalam Visual Basic 6 terdapat 11 tipe data yang berbeda. Ini adalah Boolean, Byte, Currency, Date, Double, Integer, Long, Object, Single, String, dan Variant. Mereka masing-masing memiliki tujuan tertentu dan menggunakan mereka dengan benar akan meningkatkan kinerja program-program anda. Aku akan menutupi tipe data yang paling sering digunakan.

• Boolean
Jenis data yang Boolean hanya memiliki dua statement, Benar dan Salah. Tipe variabel ini disimpan sebagai 16-bit (2 Byte) angka, dan biasanya digunakan untuk bendera. Sebagai contoh, katakanlah Anda memiliki sebuah textbox (text1) dan perintah tombol (Command1). Anda hanya ingin menjadi Command1 Diaktifkan bila ada teks dalam text1. Anda akan melakukan hal seperti ini ...


Private Sub Form_Load()
Command1.Enabled = False ' Disables Command1
Text1.Text = vbNullString ' Sets Text1=""
End Sub

Private Sub Text1_Change()
Dim bEnable As Boolean
If Text1.Text <> "" Then bEnable = True
Command1.Enabled = bEnable
End Sub


Jalankan program dan Command1 hanya akan diaktifkan bila ada teks diketik ke dalam text1.

• Byte
Jenis data yang Byte adalah 8-bit variabel yang dapat menyimpan nilai antara 0 hingga 255. Tipe data ini sangat berguna untuk menyimpan data biner. Ini dapat juga sangat berguna bila mengirim / menerima nilai byte ke / dari Basic Stamp atau PIC.

• Double
Double tipe data adalah 64-bit floating point number digunakan bila diperlukan akurasi tinggi. Variabel ini dapat berkisar dari-1.79769313486232e308 ke-4.94065645841247e-324 untuk nilai negatif dan dari 4.94065645841247e-324 untuk 1.79769313486232e308 untuk nilai-nilai positif.

• Integer
Para tipe data Integer adalah 16-bit yang bisa berkisar dari -32.768 ke 32767. Bilangan bulat harus digunakan bila Anda bekerja dengan nilai-nilai yang tidak dapat berisi angka pecahan.

• Panjang
Tipe data Long adalah 32-bit yang bisa berkisar dari -2147483648 ke 2147483647. Panjang variabel hanya dapat berisi non-pecahan nilai-nilai integer. Saya sendiri menggunakan variabel yang panjang lebih dari Bilangan bulat untuk meningkatkan kinerja. Sebagian besar fungsi Win32 menggunakan tipe data ini untuk alasan ini.

• Single
Single tipe data adalah 32-bit mulai dari-3.402823e38 ke-1.401298e-45 untuk nilai negatif dan dari 1.401298e-45 untuk 3.402823e38 untuk nilai-nilai positif. Ketika Anda membutuhkan angka-angka pecahan dalam kisaran ini, ini adalah tipe data yang akan digunakan.

• String
String jenis data yang biasanya digunakan sebagai variabel-variabel jenis panjang. Variabel string panjang dapat berisi sampai kira-kira 2 milyar karakter. Masing-masing karakter memiliki nilai berkisar antara 0-255 didasarkan pada set karakter ASCII. String digunakan ketika Teks yang terlibat.

Puting All Of This Teknis Stuff To Use
Hanya untuk menunjukkan kepada Anda bagaimana menggunakan tipe data ini, di sini adalah contoh kecil. Katakanlah kita punya String berisi teks, "Ini adalah hal VB pretty darn cool ..!", dan kami ingin mengkonversi setiap huruf ke ASCII itu setara. Kami akan menampilkan setiap huruf bersama dengan ASCII yang setara dalam sebuah MessageBox satu per satu waktu.

Private Sub Command1_Click()
Dim sText As String
Dim lTextLength As Long
Dim sChar As String
Dim bASCII As Byte
Dim x As Long

sText = "This VB stuff is pretty darn cool..!"
lTextLength = Len(sText) 'Gets # of chars in sText

For x = 1 To lTextLength 'Loop through string one char at a time
sChar = Mid$(sText, x, 1)'Gets the x'th charcter in sText
bASCII = Asc(sChar) 'Gets ASCII value of character
MsgBox "The ASCII value of '" & sChar & "' is " & bASCII 'Display results
Next x

End Sub

29 komentar:

lusiedulink said...

info yang berguna bangets nih wega, ku gak ngerti program2 kaya gitu masih ktro hehehhe

kenali dan kunjungi objek wisata di pandeglang said...

wah bagus artikelnya

Hitler Jr. said...

kayaknya aq bakal sering baca artikelnya nich... Soalx dari dulu aq pengen belajar VB tapi masih tetap gak bisa :((

Dheny Gnasher said...

nice articles. keep posting and visit me back OK?

SAKURA.COM said...

wah kbetulan sy vb blum lncar ni....
kunjungan balik aja ni....

asep canda said...

makasih infonya kawan berguna banget ini buat aku

mas doyok said...

bgus wegha, akan lebih baik kalo dibuat bagian bagian posting lebih khusus ...

menurut saya isi artikel ini masih bisa dipecah pecah dalam beberapa judul

sehingga dipahami pun jauh leih mudah

:D
sukses selaluuu

alexait said...

sippp..thank

katrox_kudus said...

mantab sob post na,.....keep post

mamas Ipenk said...

sip bgt teman lanjutkan

Ocim said...

sangat jelas penjelsannya tentang microcontroller, saya bookmark dulu deh yak

asep canda said...

aku tunggu post selanjutnya

Kang Marno said...

Info yang berguna untuk kita semua, keterangannya pun jelas, kelihatannya sobat sudah menguasai betul tentang pemrograman VB, Terima kasih

jaya said...

good article sob.. sangat bermanfaat.. thanks udah sharing ya

ndafender said...

thanks brother

Rahad GoKill said...

ini artikel yg sangant bermanfaat nih.....
trims sob udah share.......

hendrie k_bejo said...

Wow so good Braders !!

Ocim said...

nice info an keep posting

Kerja Keras said...

mantab sob, trims

roomen said...

kayak pelajaran SMA roomen dulu,,heheheh

akhatam said...

oke nih tipsnya....

asep canda said...

terima kasih ya sob atas infonya

konsultasi sex said...

trims infonya.. jadi tambah ilmu nih

andi wong said...

inget zaman2 kuliah nih..tpi udah lupa2 ingat ttng mikrokontroller yang di aplikasikan dg Tranducer.. ;-)

Imoel said...

keren sob..
postingannya mantap.. terima kasih karena sudah sharing...

muchlisin said...

Tingkat tinggi ini, Pakai Visual Basic. terima kasih ilmunya

Kang Marno said...

Pemrograman Vb, memang bagus dan bisa digunakan untuk segala aplikasi, mudah-mudahan sobat bisa mendapatkan pekerjaan dan gaji yg sesuai dengan kemampuanmu. Amiin

Mapuc said...

wah sip banget ne, bisa bt belajar lagi

darkfarmer said...

wuih... bahan belajar lg nih,,, :P

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.